Breaking News

Senin, 26 Januari 2015

Belajar Bela Diri Muai Thay


Seni bela diri asal negeri gajah putih ini mulai populer sejak abad ke-16, namun Muay Thai mendapatkan popularitasnya secara global pada  abad  ke-20  ketika para petarung Muay Thai memenangkan  beberapa kejuaran melawan wakil-wakil dari cabang seni bela diri lainnya. Saat ini banyak orang melihat Muay Thai tidak lagi sebatas ilmu bela diri, banyak hal positif yang dapat diambil dari seni bela diri ini.

Dengan program Muay Thai Training Fitness selain mempelajari bela diri Anda juga dapat meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh. Anda dapat membangun otot lengan, perut dan kaki yang lebih kuat. Selain mengajarkan pertahanan diri Muay Thai juga bisa membantu Anda membangun rasa percaya diri, kekuatan mental dan keseimbangan emosi.

Latihan Muay Thai selain dapat mengencangkan otot-otot juga terbukti bermanfaat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Latihan jabs, pukulan, pertahanan, daya tahan dan variasi gerakan lainnya memiliki semua unsur campuran aerobik. Dalam latihan Muay Thai Anda akan mempelajari bagaimana memukul, menendang dengan kaki dan lutut, variasi siku secara  intensif yang bisa membantu Anda menjadi lebih kuat secara fisik dan mental.

Dalam waktu satu jam, Muay Thai workout memungkinkan Anda  membakar 350 sampai 500 kalori, bahkan lebih. Latihan ini juga dapat membantu Anda menjaga detak jantung pada kisaran 75-85% detak normal. sama dengan jumlah rata-rata yang direkomendasikan ketika Anda berlatih di gym.

Lebih dari itu, latihan Muay Thai juga bermanfaat dalam meningkatkan kecepatan, kekuatan, refleks dan fleksibilitas otot Anda. Gerakan berulang dari lengan, kaki dan perut ketika memukul, meninju dan menendang akan membantu Anda mendapatkan kekuatan dan power. Gabungan-gabungan gerakan Muay Thai juga memungkinkan Anda mendapatkan kebugaran secara efisien, gerakan-gerakan ini mengharuskan Anda untuk mengembangkan keseimbangan dan koordinasi yang membuat postur tubuh Anda menjadi lebih baik dan stabil.

Berikut Beans BLOG berikan 4 latihan dasar untuk memulai Muay Thai, 4 latihan dasar ini difokuskan bagi pemula untuk mempersiapkan diri Anda berlatih Muay Thai dengan membangun daya tahan otot, mengurangi berat badan dan membakar kalori untuk mendapatkan kondisi fisik yang lebih bugar secara keseluruhan.
Manfaat-manfaat fisik diatas hanyalah sedikit dari sekian banyak manfaat yang Anda dapatkan dari seni bela diri ini. Selain mempelajari seni pertahanan diri yang mungkin Anda butuhkan suatu saat nanti (keadaan darurat), dalam berlatih Muay Thai Anda juga mendapatkan kepuasaan, relaksasi dan motivasi diri. Banyak ahli kebugaran merekomendasikan latihan Muay Thai untuk para pemula karena manfaatnya yang memungkinkan Anda mendapatkan kebugaran tubuh yang lebih baik


Jogging
Road work atau jogging merupakan bagian penting dari latihan Muay Thai, latihan ini akan membantu Anda meningkatkan kondisi tubuh dan menguatkan tulang kering Anda. Mulailah perlahan, jangan jadikan jarak tempuh sebagai ukuran, melainkan ukur berapa lama Anda berlari. Anda bisa memulainya dengan lari ringan selama 10 menit sebanyak tiga kali dalam satu hari, selalu awali latihan ini dengan pemanasan. Jika Anda mulai merasakan peningkatan, tambahkan durasi 3 menit kedalam latihan ini hingga Anda mencapai jarak maksimum 4 km. Latihan kardio ini akan meningkatkan daya tahan dan memperkuat otot kaki yang merupakan syarat utama untuk berlatih Muay Thai.

Shadow Boxing

Latihan ini berguna untuk mengasah seluruh teknik Thai Boxing Anda. Anda dapat melakukannya di depan kaca, hal ini akan membantu Anda mengevaluasi apakah teknik yang Anda lakukan sudah tepat. Pertama berdiri dalam kuda-kuda bertarung dan lakukan semua teknik Muay Thai yang Anda ketahui. Jangan khawatir akan terlihat konyol, semua orang terlihat konyol ketika melakukannya untuk pertama kali.
Ketika Anda mulai menguasainya lakukan gerakan-gerakan tersebut lebih cepat dan bayangkan diri Anda sedang bertarung dengan seseorang di depan Anda. Lakukan gerakan-gerakan tersebut sealami mungkin, gerakan kaki dan kepala kemudian gabungkan kombinasi pukulan dan tendangan. Cobalah 2 atau 3 repetisi selama 3 menit lalu istirahat selama 1 menit.

shsja

Latihan ini juga bagian penting dari latihan Muay Thai. Tidak hanya meningkatkan stamina , latihan ini juga membantu Anda mendapatkan koordinasi antara tangan dan mata serta membangun otot bahu, pergelangan tangan, lengan, betis dan kaki yang lebih kuat.
Secara konstan ubah gerakan kaki Anda, lompat dengan kedua kaki, satu kaki, maju ke depan dan ke belakang, kanan dan kiri, dan varias-variasi lainnya. Pastikan Anda selalu menggubah ritme ketika melakukannya. Cobalah selama 3 menit, kemudian istirahat selama satu menit setiap 2-3 set.

Bag Work

 

Latihan ini baik untuk melatih pukulan, tendangan, dan teknik-teknik lainnya, memukul samsak memberikan Anda perasaan riil ketika berhadapan dengan lawan. Latihan ini akan meningkatkan koordinasi, stamina dan kecepatan Anda pada bahu dan kaki Anda. Ketika melakukan latihan ini pastikan Anda membungkus tangan Anda untuk melindunginya dari cedera.
Fokuskan latihan untuk mendapatkan teknik menendang dan meninju yang tepat, kecepatan dan kekuataan akan datang sendirinya setelah Anda menguasai teknik tersebut dengan benar. Cobalah semua gerakan yang Anda ketahui dalam 3 set, dan jangan lupa berlatih gerakan kaki dan kepala ketika melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By